TUHAN, BERKATILAH SAUDARA/SAUDARI YANG MEMBACA/BUKA BLOG INI ^^

Jumat, 12 Desember 2008

Hujan Sangat Ekstrem Makin Sering Terjadi

BANDUNG, KAMIS — Ahli dinamika atmosfer Fakultas Ilmu Kebumian dan Teknologi Mineral Institut Teknologi Bandung Tri Wahyu Hadi mengatakan, iklim global termasuk di Indonesia saat ini makin kompleks, terutama dalam kurun waktu lima tahun terakhir.

-
Secara global, selain osilasi tahunan berupa muson barat, iklim di Indonesia sangat dipengaruhi El Nino dan La Nina, Dipole Mode di India, serta Osilasi Medden-Julian. Jika dulu, misalnya, pola La Nina dan El Nino bisa diprediksi termasuk daerah yang terkena dampaknya, saat ini hal itu sulit dilakukan.

-
"Dibandingkan tahun-tahun 60-an, peluang munculnya hujan lebat saat ini makin besar. Medden-Julian (MJO) yang bervariasi, kadang aktif, kadang pasif, beberapa tahun terakhir ini kerap aktif," ucapnya mencontohkan kasus lain.

-
Satu hal yang ditekankannya, hujan ekstrem saat ini makin sering terjadi. Ini mencapai lebih dari 80 mm per jam. Dalam kasus banjir Jakarta 2002 dan 2007, curah hujan mencapai 250-300 mm per hari. Hujan dengan intensitas tinggi, tetapi dalam waktu pendek inilah yang memicu banjir besar.

-
Belum para ahli sepenuhnya memahami OMJ, lalu muncul cold surge, yaitu fenomena di mana muncul massa udara dingin dari arah utara akibat gangguan udara bertekanan tinggi di daerah Siberia. Fenomena yang terakhir ini oleh para ahli menjadi salah satu pemicu banjir besar di Jakarta.

-
Fenomena ini juga ikut memicu hujan tinggi di Bandung beberapa waktu lalu. Namun, ini masih menimbulkan perdebatan.

-

Sumber : www.kompas.co.id

Tidak ada komentar:

SELAMAT DATANG. AYO BELAJAR FIRMAN TUHAN AGAR BERTUMBUH ROHANI KITA

SKALI2 BACA BAGIAN HUMOR AGAR MENYEGARKAN TUBUH KITA

WELCOME! ,PLEASE SHARE THIS BLOG TO YOUR FRIENDS

Cari Topik

Google

KATA-KATA BIJAK UNTUK YG INGIN SUSKES DI DUNIA KERJA

Iman tanpa perbuatan adalah mati


dari Bible

BELANJA ONLINE

Humor

PEMAKSAAN
Dikirimkan oleh Team i-Humor pada Sen, 11/29/1999 - 17:00.
Amin masuk ke sebuah restoran bersama anjing kecilnya. Pegawai restoran berkata, "Maaf Pak, tidak boleh membawa binatang ke sini." Amin menolak dan berkata, "Ini anjing bukan sembarang anjing lho ... dia ini istimewa .... Dia bisa bermain piano!"
"Oke! Kalau Anda bisa membuktikan kehebatannya, anjing Anda boleh tetap berada di dalam restoran ini dan dapat minum gratis!"
Amin membawa anjingnya duduk di kursi piano. Anjing kecil itu langsung beraksi memainkan lagu-lagu Mozart, Ragtime, dan lain-lain. Pegawai restoran dan pengunjung sangat menikmati permainannya.
Tiba-tiba seekor anjing besar masuk ke restoran itu dan menggigit leher anjing kecil itu sambil diseret ke luar dari restoran. Pegawai restoran yang bingung bertanya kepada Amin, "Apa yang terjadi?"
Dengan tenang Amin menjawab, "Ohhh, itu Ibunya. Dia ingin anaknya itu menjadi dokter gigi!"
Gembalakanlah kawanan domba Allah yang ada padamu, jangan dengan paksa, tetapi dengan sukarela sesuai dengan kehendak Allah, dan jangan karena mau mencari keuntungan, tetapi dengan pengabdian diri. (1Petrus 5:2)
Sumber: Buffalosjokes